TELEVISI PENDIDIKAN


A.           Pengertian Televisi Pendidikan
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara. Menurut Oemar Hamalik (1985:134) mengemukakan bahwa televisi sesungguhnya adalah perlengkapan elektronik, yang pada dasarnya sama dengan gambar hidup yang meliputi gambar dan suara[1]. Televisi pendidikan adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia yang khusus ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan sebagai media pendidikan pembelajaran masyarakat.
Media televisi tidak hanya mengajarkan tingkah laku dan juga tindakan sebagai stimulus membangkikan tingkah laku untuk dipelajari dari sumber-sumber lain. Ini menunjukkan bahwa media televisi memiliki kekuatan yang ampuh (powerfull) bagi permirsanya, termasuk untuk keperluan pendidikan. Televisi pendidikan Indonesia ini di selenggarakan dengan dorongan semangnat untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, serta untuk membantu mewujudkan hak semua warga negara Indonesia untuk memperoleh pengajaran.

B.            Manfaat dan Tujuan Televisi Pendidikan
Televisi pendidikan Indonesia ini di selenggarakan dengan dorongan semangat dengan tujuan untuk:
1.      Membantu mencerdaskan kehidupan bangsa,
2.      Membantu mewujudkan hak semua warga negara Indonesia untuk memperoleh pengajaran,
3.      Mempunyai misi untuk mewujudkan manusia – manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama – sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa,
Sedangkan manfaat dengan adanya televisi pendidikan antara lain :
1.        Televisi dapat memberikan kejadian – kejadian yang sebenarnya pada saat suatu peristiwa terjadi dengan di sertai komentar penyiarnya,
2.        Televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk peran serta masyarakat,
3.        Televisi dengan gambar audio visual sangat membantu dalam mengembangkan daya kreasi,
4.        Menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran masyrakat,
5.        Memberikan pesan yang dapat diteima secara lebih merata oleh peserta didik
6.        Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses,
7.        Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu,
8.        Lebih realistis, dapat diulang-ulang dan dihentikan sesuai dengan kebutuhan,
9.        Memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap peserta didik

C.      Kekurangan dan Kelebihan Televisi Pendidikan
Televisi pendidikan yang mengundang banyak kontroversi antara pihak yang setuju dengan pihak yang tidak setuju adanya televisi pendidikan mempunyai beberapa kekurangan yaitu :
-          Biaya operasionalnya yang cukup mahal
-          TV terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut,
-          Apabila pembelajaran melalui televisi dilakukan dengan siaran langsung, maka yang pasti akan terjadi adalah kesulitan terintegrasikannya jadwal siaran pembelajaran di televisi dengan jadwal pembelajaran di sekolah,
-          Diperlukan adanya persiapan terlebih dahulu sebelum proses pemebelajaran berlangsung.
-          Terbatas karena kondisi geografis bercorak kepulauan dan pegunungan
Selain mempunyai kekurangan,televisi pendidikan juga mempunyai kelebihan diantaranya :
-          Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya,
-          Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau beerbagai negara,
-          Dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau,
-          Dapat mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam,
-          Banyak mempergunakan sumber – sumber masyarakat,
-          Menarik minat peserta didik,
-          Dapat melatih guru, baik dalam pre-servise maupun dalam invervice training,
-          Masyarakat diajak berpatisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian terhadap sekolah.

D.       Implementasi Televisi Pendidikan dengan PAI
Teknologi televisi penyiaran bisa sangat bermanfaat bagi guru di ruang kelas dengan mempertimbangkan kebutuhan para siswa,menggunakan televise penyiaran mungkin efektif bagi penyediaan kesempatan belajar jarak jauh. Selanjutnya,banyak operator kabel memberikan sekolah-sekolah pemrograman khusus,panduan guru,dan bahkan layanan computer khusus. Banyak sumber program yang tersedia via kabel tidak terpancar ulang dari penyiaran,tetapi hanya dipancarkan hanya  menggunakan kabel. Sejumlah cara seperti ini menawarkan pemrograman berkualitas tinggi yang cocok digunakan di sekolah.
Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI), televisi pendidikan bermanfaat untuk menghemat waktu pembelajaran contohnya ketika seorang anak bisa mempraktekkan tata cara berwudhu dirumah setelah melihat secara langsung praktek berwudhu yang ditayangkan di televisi. Anak akan lebih menangkap keterangan yang didapat melalui televisi karena televisi tentunya menghadirkan tidak hanya dalam bentuk suara namun juga dilengkapi dengan gambar serta visualisasinya.


Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EDUCATION BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger