PUSAT SUMBER BELAJAR


A.      Pengertian Pusat Sumber Belajar
1.       Bahasa
Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), Pusat berarti pokok pangkal atau yang menjadi pumpunan, sumber-belajar berarti orang yang dapat dijadikan tempat bertanya tentang berbagai pengetahuan. Jadi dapat kita simpulkan secara bahasa orang yang dapat menjadi pumpunan atau pokok pangkal tempat bertanya tentang berbagai pengetahuan.
2.       Istilah
Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan dan proses. Secara umum PSB berisi komponen-komponen perpustakaan, pelayanan audio-visual, peralatan dan produksi, tempat berlatih mengembangkan kegiatan program instruksional dan tempat mengembangkan alat-alat bantu dalam pengembangan sistem instruksional. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium (Zainuddin : 1984). 
Menurut Sukorini (Warsito,2008:215), pusat sumber belajar merupakan tempat di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran.
Merril dan Drob berpendapat bahwa pusat sumber belajar merupakan suatu aktivitas yang terorganisasi yang berhubungan dengan kurikulum dan pembelajaran pada suatu satuan pendidikan (Warsito, 2008:215).
Dengan demikian, Pusat sumber belajar merupakan sarana untuk mengelola dan mengembangkan sumber belajar. Pusat sumber belajar sering disebut juga sebagai media center, yang diartikan sebagai lembaga yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan berbagai media pembelajaran. Pusat sumber belajar dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. 
B.      Pusat Sumber Belajar SMA
Pusat Sumber Belajar SMA (PSB SMA) merupakan sistem pengelolaan yang terorganisasi untuk menyusun, mengembangkan, dan menyediakan sumber belajar dalam mendukung proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media informasi dan komunikasi, wahana belajar, dan media unjuk kinerja.
Perlu kita cermati bahwa pelaksanaan PSB SMA berlandaskan pada aturan-aturan sebagai berikut.
  1. Keputusan Presiden Nomor 26 tahun 2006 tentang 7 (tujuh) Flagship Program Pemerintah yang Berkaitan dengan TIK
  2. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar (Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN 20/2003)
  3. Kewajiban satuan pendidikan memiliki buku dan sumber belajar lainnya antar lain jurnal, majalah, artikel, website, dan compact disk (Lampiran Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007, Pasal 42).
  4. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (PP No. 19/2005, Pasal 19 Ayat 1)
  5. Sekolah mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel (Lampiran Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, butir E. Sistem Informasi Manajemen)
  6. Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan untuk mempermudah dalam berbagi informasi dan pengetahuan antar peserta didik dan tenaga kependidikan (Renstra Depdiknas 2010-2014, 4.2.7 Penguatan dan perluasan pemanfaatan TIK di bidang pendidikan, butir c)
  7. Pengembangan pusat sumber belajar berbasis TIK pada pendidikan dasar dan menengah (Renstra Depdiknas 2010-2014, 4.2.7 Penguatan dan perluasan pemanfaatan TIK di bidang pendidikan, butir d)
Jika setiap satuan pendidikan SMA mengembakan PSB SMA dengan optimal maka PSB SMA akan berfungsi sebagai  berikut.
  1. Sebagai media informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan, proses pembelajaran dan forum diskusi antarpendidik-pendidik, peserta didik-peserta didik, pendidik-peserta didik, dan satuan pendidikan-satuan pendidikan, serta satuan pendidikan-masyarakat, khususnya yang terkait dengan proses  pembelajaran;
  2. Sebagai wahana belajar melalui pertukaran dan pemanfaatan bahan ajar serta bahan uji berbasis TIK;
  3. Sebagai media unjuk kinerja berbagai inovasi dalam proses pembelajaran.
  4. Meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi pemanfaatan pembelajaran berbasis TIK.
Adapun PSB SMA akan terasa manfaatnya sebagai berikut.
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis TIK secara optimal.
  1. Bagi satuan pendidikan
a.       Sebagai media informasi berkaitan dengan pendidikan dan komunikasi antarpendidik, pendidik-peserta didik, maupun antarsatuan pendidikan.
b.      Sebagai wahana pembelajaran dalam memperluas pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran (meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran); pelaksanaan pembelajaran (meliputi: model-model pembelajaran, bahan ajar); dan penilaian hasil belajar (meliputi bahan uji, analisis butir soal, dan laporan hasil belajar).
c.       Sebagai wahana untuk berbagi karya dan pengalaman dengan satuan pendidikan lain;

2.       Bagi pendidik
a.       Sebagai wahana untuk berbagi karya dan pengalaman dengan pendidik lain;
b.      Sebagai media untuk diskusi dengan pendidik lain khususnya yang mengampu mata pelajaran yang sama;
c.       Sebagai wahana untuk berbagi karya-karya baru dan unik seperti temuan tentang strategi, metode, dan model pembelajaran; artikel-artikel seputar pendidikan.
3.       Bagi siswa SMA sebagai media untuk mencari dan menemukan sumber belajar, bahan ajar dan bahan uji berbasis TIK yang sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai
4.       Bagi masyarakat umum sebagai media untuk memperoleh informasi, memberikan ide, dan saran seputar pendidikan dan pembelajaran.
5.       Bagi kalangan akademis sebagai media diskusi, tukar pengalaman dan informasi, ide serta saran-saran yang membangun mengenai pendidikan khususnya pembelajaran.
Dengan kebermanfaatan terserbut yang optimal maka peningkatan mutu pendidikan akan tercapai, karena dengan adanya PSB SMA akan saling berbagi dalam hal inovasi pembelajaran, akan saling mengatasi kesulitan proses pembelajaran, dan banyak lagi efek positifnya dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan adanya hal-hal tersebut, peserta didik, tenaga pendidik akan terus meningkatkan kompetensinya yang efeknya akan meningkatan prestasi satuan pendidikan. Jadi dengan adanya PSB SMA yang dikembangkan oleh satuan pendidikan dan dibina oleh Direktorat PSMA, maka sudah tidak ada batas tempat, ruang dan waktu bagi masyarakat pendidikan untuk meningkatkan kompetensinya.
Pada tahun 2013 merupakan tahap optimalisasi kondisi agar satuan pendidikan SMA dapat berjalan tanpa adanya pembinaan dari Direktorat Pembinaan SMA sehingga secara mandiri satuan pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran berbasis TIK. Dan pada tahun 2014 merupakan Tahap perluasan merupakan tahap replikasi kondisi optimal satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran berbasis TIK kepada satuan pendidikan lain agar ketiga fungsi PSB-SMA dapat dijangkau oleh lebih banyak pihak.
Pihak Direktotrat Pembinaan SMA mengharapkan satuan pendidikan SMA di Indonesia memiliki profil sebagai berikut.
  1. Memiliki SDM yang menguasai TIK
  2. Sarana prasarana TIK yang memadai
  3. Pengolaan yang baik dan optimal
  4. Proses pembelajaran menggunakan TIK dengan optimal
  5. Memiliki website sekolah yang interaktif dan dinamis
  6. Memiliki dukungan internal dan eksternal yang baik
  7. Pembiyaan yang mencukupi
  8. Pengawasan yang berkelanjutan
  9. Pelaporan pelaksaaan PSB SMA yang besinambungan
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 April 2014 07.11

ada buku sumber mengenai psb ga mbak??

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EDUCATION BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger